Kamis, 29 Oktober 2015

Makalah Kelas Maya


Kata Pengantar


Assalamualaikum Wr.Wb
Puja puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa , atas rahmatnya tim kami telah berhasil menyelesikan makalah ini tanpa kendala apapun.Dalam makalah ini terdapat penjelasan mengenai kelas maya.
Terima kasih kepada guru yang telah membimbing kami dalam membuat makalah ini sehingga kita dapat menyelesikan tepat waktu.Terima kasih pula kepada teman-teman X-AP 1 yang turut mendukung pembuatan makalah ini .
Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk semua siswa /siswi SMK Negeri 1 Ngawi.Dan kami mohon maaf jika terdapat beberapa kesalahan.






Tim Penyusun

















DAFTAR ISI





Kata Pengantar ________________________________________________  1

Daftar Isi_____________________________________________________  2

Pengertian Kelas Maya __________________________________________  3

Fitur Kelas Maya _______________________________________________  4

Jenis Pengelolaan Kelas Maya_____________________________________  7
Manfaat dan Kelemahan Kelas Maya________________________________  9
Kesimpulan___________________________________________________ 10





                                                Kelas Maya


                                                      



  1. PENGERTIAN KELAS MAYA


Kelas maya atau yang biasa disebut virtual class merupakan  bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan, merupakan perubahan proses belajar mengajar konvensional menjadi bentuk digital.

    Pengertian lain dari kelas virtual adalah kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas virtual berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas.

Proses pembelajaran kelas maya dapat berjalan apabila  didukung dengan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai alat dukung.
Peran guru dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi Informasi diharapkan sebagai fasilitator ( penyedia ), kolaborator, mentor, pelatih, pengarah dan teman belajar serta dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar yang real. 
Sementara itu, peran siswa sendiri dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi ini memungkinkan siswa menjadi partisipan aktif. menghasilkan dan berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin sebagaimana layaknya seorang ahli dalam bidangnya, belajar secara otodidak dan berkolaboratif dengan siswa lain.

    Yang membedakan kelas virtual dengan kelas biasa sobat, yaitu adanya pembatasan berkomunikasi, karena jelas beda berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung.

   Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.
             
  1. Break-out rooms (pemisahan ruang kelas)
Ruang-ruang dimana kelompok-kelompok kecil dari suatu kelas dapat bekerja
tanpa diganggu oleh kelompok lainnya.
  1. Participant (peserta)
Siswa, peserta didik atau mereka yang menghadiri suatu kursus pelatihan
  1. Moderator
Pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah.
  1. Instructor
Orang yang memerintah atau memberi arahan (untuk melakukan suatu pekerjaan atau melaksanakan suatu tugas)
  1. Application sharing via the internet
Sebuah aplikasi yang digunakan untuk berdiskusi di kelas maya,contohnya : edmodo

     Moderator dan Insrtuctor bisa dilakukan oleh 1 orang biasanya di dalam pendidikan
     guru yang menjadi  moderator sekaligus instructornya.

Cara Kerjanya :
Moderator/Instructor memberikan materi kepada Participants dan participants menanggapinya, ini menimbulkan timbal balik antara moderator dan instructor kepada participants yang terjadi di Breakout Room dan di  lakukan disalah satu application sharing via the internet


  1. FITUR KELAS MAYA
  1. Konten yang relevan dengan tujuan belajar.
  2. Menggunakan metode instruksional seperti contoh dan praktek untuk membantu belajar siswa.
  3. Menggunakan elemen media seperti kalimat dan gambar untuk mendistribusikan konten dan metode belajar.
  4. Pembelajaran dapat secara langsung dengan instruktur (synchronous) ataupun belajar secara individu atau otodidak (asynchronous).
  5. Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.
Contoh Fitur kelas maya :
Ø EDMODO
Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan
Beberapa fitur utama edmodo yang dapat digunakan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.  Kelas maya dengan sistem  Closed group collaboration; dimana hanya yang
memiliki kode grup yang dapat mengikuti kelas.
b.  Komunikasi dengan model media sosial
c.  Manajemen konten pembelajaran
d.  Evaluasi pembelajaran
Selain fitur utama di atas, edmodo juga mendukung team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration dan akses bagi orang tua siswa untuk memantau kegiatan pembelajaran yang diikuti anak mereka.
·        Fitur depan edmodo terdapat beberapacara mendaftarkan diri di Edmodo dan terdapat log in ke Edmodo.
1.     Kunjungi  www.edmodo.com lalu terdapat beberapa pilihan
2.     Terdapat pilihan I’m Teacher , I’m Student , I’m parents
       
·        Fitur tengah/ dalam edmodo terdapat beberapa pilihan yang dapat digunakan diantaranya :
1.  Home atau Beranda.
2.  Progress   :  klik  untuk  melihat  kemajuan  Anda  dalam
penugasan/ujian.
3.  Backpack    :  klik  untuk  membaca  materi  atau  media  lain  yang
membantu Anda belajar.
4.  Pencarian  : Anda dapat melakukan pencarian terhadap posts, groups,
user, dst.
5.  Notifications atau pemberitahuan.
6.  Me      : Klik untuk mengatur profil Anda,  setting,  help  dan
logout.
7.  Akun user atau siswa, sama dengan menu Me.
8.  Groups  :  Anda  dapat  melihat  atau  menambahkan  groups  pada  form
tersebut.
9.  Parent  Code  merupakan  kode  yang  nantinya  akan  diberikan  kepada
orang tua.
10.  Siswa  dapat  menulis  note  hal-hal  yang  berkaitan  dalam  pelajaran  dan
akan dilihat oleh pengguna lain.
11.  Suatu  wadah  yang  menampung  beberapa  posting  dari  pengguna  lain,
groups, maupun tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
12.  Planner atau perencanaan yang tampil seperti kalender


·        Fitur akhir Edmodo yaitu dapat menambahkan hal-hal mengenai diri anda di pengantiran akun atau profil.
  1. JENIS PENGELOLAAN KELAS MAYA
1.Learning Management System (LMS)

merupakan salah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan dalam sebuah organisasi pembelajaran, termasuk pembelajaran daring (online), ruang kelas virtual, dan program instruktur yang terpimpin. Contoh dari LMS antara lain; Moodle, Dokeos, aTutor.
   *            Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas digital” untuk mengakses materi-materi
pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek
Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja. Aplikasi Moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan Moodle Versi 1.0. Saat ini. Dalam pelaksanaan program model pembelajaran e-learning ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin sering terjadi seperti; Kelebihan dari pemanfaatan internet untuk e-learning

2.Learning Content Management System (LCMS) 

merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS. LCMS adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk mengelola konten pembelajaran dalam berbagai bidang pelatihan dan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat membuat, mengelola, dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan menyunting (edit) semua bagian yang membentuk sebuah katalog pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari, dan menggunakan kembali unit kecil dari konten pembelajaran digital dan aset, yang sering pula disebut sebagai objek pembelajaran. Aset ini dapat mencakup file media yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi, teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten dalam kursus tersebut diciptakan. Contoh dari LCMS antara lain: Claroline,e-doceo solutions.

    *            Claroline adalah LMS yang berasal dari perancis, ya... hampir mirip modle banget . Claroline termasuk jenis LMS yang free, user friendly and mudah digunakan.
                   



3.Social Learning Network (SLN) 


jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar. Mengingat skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian peserta dapat menyebabkan pengubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian lain tidak menimbulkan dampak apa-apa.

Penggunaan jejaring sosial untuk pembelajaran di Indonesia merupakan hal yang baru. Jika di negara lain sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, kita baru akan mulai menerapkan dan menyosialisasikan. Hal yang suka atau tidak suka harus kita hadapi bersama adalah kenyataan bahwa penggunaan komputer atau laptop masih jauh dari merata di tanah air kita
  *            INZTEIN: Einztein membawa kekuatan jaringan sosial untuk belajar dengan memungkinkan orang untuk membuat sebuah komunitas belajar online untuk berbagi sumber daya, kerjasama dan diskusi. Guru dapat mengubah program menjadi pengalaman pembelajaran sosial. Siswa dapat membentuk kelompok studi online untuk penelitian dan belajar bersama. Lembaga dapat melibatkan peserta didik sekitar konten pendidikan mereka. Tim mereka yang beragam dari pelajar seumur hidup adalah menyajikan di SXSWedu sebagai salah satu dari enam perusahaan Ed tinggi di kompetisi LAUNCHedu, tapi EdSurgents bisa mendapatkan menyelinap mengintip di sini menggunakan kunci beta: 'edsurge'.


Perbedaan utama dari LMS dan LCMS adalah LMS merupakan media interaksi antara siswa dan guru, sedangkan LCMS adalah media yang digunakan oleh penulis konten maupun perusahaan penerbit konten



  1. MANFAAT DAN KELEMAHAN KELAS MAYA 
 -Didalam pelaksanaan ‘Virtual Classroom’ terdapat berbagai manfaat yang diperoleh oleh para pelajar. Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong pelajar untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka di dalam penggunaan teknologi yang terkini bagi mencapai matlamat mereka. Selain menambah ilmu mereka juga dapat menaik taraf penggunaan media di dalam kehidupan seharian mereka.
-Selain dari itu, mode pelaksanaan kelas maya ini memerlukan pelajar untuk berinteraksi dan memberikan pendapat di dalam forum yang telah disediakan. Melalui forum ini pelajar akan mendapat maklumbalas dan seterusnya memberi respon yang sewajarnya bagi sesuatu topik yang dibincangkan. Melalui kaedah ini, pembelajaran, pemikiran kritis dan kreatif boleh berlaku dengan berkesan. Melalui interaktiviti juga seseorang pelajar akan mencari maklumat selanjutnya untuk memenuhi keperluan ingin tahunya dan membina pengetahuan baru mengenai sesuatu konsep dan kefahaman. Secara tidak langsung ia dapat menjadikan pelajar sebagai seorang yang berdikari dan peka terhadap pembelajaran yang dialaminya
Kemampuan teknologi informasi pada proses belajar-mengajar terletak pada storage system, manipulasi pesan dengan berbagai teknik multimedia yang lebih menarik, pengolahan data yang lebih akurat, kecepatan transmisi data serta kemudahan akses. Jika kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan secara tepat dan bijak maka ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari kelas maya.
Berikut adalah keuntungan menggunakan kelas maya yang lainnya :
1.      Materi lebih luas
2.      Pembelajaran disesuaikan berdasarkan kebutuhan siswa
3.      Mempersingkat waktu tanpa perlu pergi ke kelas
4.      Mengurangi belajar bergantung pada buku teks dan lebih relevan dengan dunia  
          luar
5.      Menghemat kertas
6.      Peduli Global Warming, jadi siswa tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor
         untuk belajar
7.      Mendeteksi Copas
8.     Dapat melaksanakan pembelajaran dimana saja yang memiliki akses ke internet
Kelemahan :
1.     Pembelajaran harus bersifat online, artinya diperlukan tambahan biasa untuk mengakses internet.
2.      Memungkinkan siswa dapat belajar sambil bermain game atau melakukan komunikasi lain melalui jejaring social. Hal ini dapat menyebabkan konsenstrasi belajar siswa terganggu.
3.      Susah mengatur tingkah laku siswa karena jarangnya tatap muka secara langsung dengan siswa.

6.                KESIMPULAN
Salah satu bentuk pemanfaatan internet dalam pembelajaran adalah dalam bentuk e-
learning dengan format pembelajaran kelas maya (virtual class).Hal ini membuat proses
dalam belajar  mengajar lebih mudah..Kelas maya mempunyai berbagai fitur yang bisa
digunakan seperti : Edmodo,sekolah juara,dll. Kelas maya banyak mempunyai
keuntungan daripada  kelemahan.Dengan ini para orang tua bisa memantau kegiatan yang

dilakukan putranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar